Kisah Desa Karangasem

Awalnya hutan yang lebat di sebuah kawasan mojokerto, hutan tersebut tedapat banyak tanaman asem yang sangat banyak. Ketika itu ada seorang yang pergi ke hutan tersebut, ketika dia masuk ke dalam hutan ternyata kawasan itu masih belum ada yang menempati. Kemudian orang itu beriinisiatif untuk menjadikan hutan tersebut desa. Dia beringinan seperti itu karena disana tanahnya sangat subur oleh karena itu banyak tanaman asem yang tumbuh subur di sana.

 

Setelah beberapa hari berkeliling dan melihat keadaan sekitar akhirnya dia mulai menebang hutan tersebut. Dia bekerja keras untuk menjadikan kawasan itu pedesaan yang subur dan warganya makmur. Penebangan itu dia lakukan dengan pedang panjang dan kapak. Kegiatan penebangan itu juga memerlukan waktu yang lama tapi orang tersebut tetap sabar dan ingin mencapai ambisinya tersebut.

 

Akhirya kawasan itu lama kelamaan  sudah bisa di huni orang. Akhirnya dia membuat rumah dan tinggal disitu . Karena perhitungannya tepat bahwa tanah tersebut subur akhirnya dia mengajak istrinya dan mengajaknya tinggal disana. Mereka kemudian memiliki banyak keturunan dan mulai mendirikan rumah. Karena sudah tua akhirnya dia meninggal dan dimakamkan disana dan desa tersebut diberi nama DESA KARANGASEM. Desa ini kemudian sesuai dengan kata penebang itu desa ini subur dan makmur. Sampai sekarang kuburan penebang tersebut masih ada dan dianggap keramat oleh warga Karangasem. Peninggalannya sampai sekarang masih ada dan masih di lestarikan .

Tinggalkan komentar